Sunday, October 9

FLU BURUNG - RSPI PULANGKAN PASIEN, SENIN

D0091005001160 09-OCT-05 NAS JKT
RSPI UMUMKAN KEPULANGAN PASIEN FLU BURUNG, SENIN

Jakarta, 9/10 (ANTARA) - Pihak Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso Jakarta akan mengumumkan hasil laboratorium yang menentukan kepulangan pasien flu burung (Avian Influenza/AI) pada hari Senin (10/10).

"Kami menunggu hasil penelitian dari Direktorat Pencegahan Penyakit Menular Departemen Kesehatan. Bila hasilnya negatif, maka pasien akan kami uji kemungkinannya untuk dipulangkan," kata Juru Bicara KLB (Kejadian Luar Biasa) Flu Burung RSPI Sulianti Saroso, dr. Ilham Patu, di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan, kemungkinan beberapa pasien yang tengah dirawat di RSPI akan bisa dipulangkan pada hari Senin.

"Tetapi tidak mungkin semuanya pulang, mengingat kondisi pasien yang berbeda-beda," katanya.
Ilham menambahkan, total pasien yang ditengarai terpapar flu burung dan dirawat di RSPI Sulianti Saroso berjumlah 15 orang, terdiri atas 11 anak-anak dan empat orang dewasa.

Hasil laboratorium itu, kata Ilham, memang butuh waktu yang agak lama karena harus meneliti sampel pasien (dengan dugaan terpapar flu burung) dari semua rumah sakit rujukan flu burung di Indonesia.

Dari data di RSPI Sulianti Saroso, hingga saat ini terdapat enam orang pasien rumah sakit tersebut yang meninggal dunia dengan dugaan terpapar flu burung.

"Empat pasien merupakan pasien dewasa, sementara dua orang anak-anak," katanya.

Dari pasien-pasien yang meninggal tersebut, tiga di antaranya dinyatakan positif flu burung, satu orang negatif, dan dua orang lainnya meninggal dunia sebelum hasil laboratorium diperoleh.

"Satu pasien yang hasil laboratoriumnya negatif, ternyata memang bukan terpapar flu burung, melainkan pneumonia," kata Ilham.

Sementara itu menurut data dari Posko Kejadian Luar Biasa (KLB) flu burung tertanggal 8 Oktober 2005, total pasien yang diduga terinfeksi virus influenza A subtipe H5N1 tersebut sudah mencapai 96 orang, yang tersebar di seluruh tanah air.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home