Monday, March 13

"I, Tina"

Boleh percaya, boleh tidak - sekarang aku makin mempercayainya - bahwa semua orang dalam hidup tidak pernah mencapai sebuah kesempurnaan. Tidak ada kesempurnaan, selain ketidak-sempurnaan itu sendiri.

Tahu kenapa? Karena semalam (Senin dini hari) aku nonton "What Love Gots To Do With It", cerita tentang kisah hidup seorang penyanyi kenamaan Tina Turner - dan tertulis di buku dengan judul "I, Tina". Ternyata ... banyak ternyata dalam cerita itu:

  1. Nama asli Tina Turner adalah Anna Mae. Dia gadis desa yang emang sejak kecil udah bisa nyanyi kenceng - kayak cowok - and antusias nyanyi di gereja. Sambil dijewer, Anna Mae dikeluarkan dari barisan penyanyi koor gereja gara2 nyanyi kenceng sendiri.
  2. Ketenaran mulai menyapa Tina ketika dia menikahi Ike Turner, vokalis band rock. Ike kagum dengan suara Anna Mae yang bagus dan kuat. Jadilah Ike menggandeng Anna Mae gabung dalam band, menyanyikan lagu2 ciptaan Ike.
  3. Dalam kehidupan berumah tangga, Tina mengalami siksaan fisik dan non-fisik dari si suami. Ike memukul, memaki, dan menyiksa istrinya bila si istri capek dan lelah sehingga menolak untuk mentas di panggung "Ike and Tina". Duh ... kasar banget neh cowok, jangan sampee ... gw dapet suami yang kasar kayak gini!
  4. Nama Tina diberikan oleh Ike. Nama ini juga yang memberikan keberuntungan bagi si gadis desa. Suatu malam Ike menghajar Tina habis2an. Berlumuran darah, Tina kabur ke hotel lain, dan mengadukan peristiwa itu kepada polisi. Peristiwa itu berujung perceraian. Tina hanya meminta namanya, setelah ia merelakan semua harga gono-gini diserahkan untuk Ike. Tapi Ike tau nama Tina Turner sangat "menjual", gak heran dia jadi BT and protes beratz...
  5. Tina punya anak banyak, seringnya dia harus tetap manggung walaupun baru selesai melahirkan .... Duh cowok badak! Sebel gw liat aksi suami yang kayak gini .... Kok bisa yah, menikah sama orang yang kasar, mukul, menghina, padahal si istrilah yang menghasilkan uang paling banyak.
  6. Tak lama setelah Tina menggelar show tunggal perdananya, Ike ditahan oleh polisi atas tuduhan narkotika. Ujung kisah suami yang mengerasi istrinya secara brutal! Kesel gw ...

Intinya ... ternyata cinta aja gak cukup. Nama besar, kekayaan, popularitas, anak-anak sehat, dan semuanya itu tidak lantas memberikan kebahagiaan sempurna bagi Tina, minimal untuk seorang Tina Turner .... Ketidaksempurnaan itulah yang membuat Tina memilih keputusan untuk jalan hidupnya, memilih untuk menuntut cerai, meminta nama, dan stay di tipe rock dalam hal bermusik. Semua ketidaksempurnaan hidup hanya bisa disikapi dengan pilihan, dan pilihan adalah "obat" ketidaksempurnaan itu ... tak ada kata lain.

Bagaimana dengan kamu?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home