Wednesday, January 25

Bakal Tulisan - Ayo, Pilih yang mana yang pengen ditulis di blog ini?


Beberapa hari ini gw kepikiran untuk menulis beberapa hal ... tapi berhubung sempat kena sakit flu, kena virus males, and ketakutan tarif listrik rumah melonjak setelah pake kompie di rumah [banyak bgt kan alasen gw ... ] jadilah gw belum tulis semua ide itu ke blog .... jadi, sekarang gw mau cicil dulu judul2 yang bakal gw tulis:

  1. Pram lewat wawancaranya. Bbrp hari lalu gw beli buku hasil wawancara dengan Pramudya Ananta Toer, judulnya "Saya Terbakar Amarah Sendirian". Dalam tanya jawab "Opa" Pram memaparkan pandangan2nya tentang Indonesia, rejim Orde Baru dan Lama, bahasa Indonesia, pengalaman di Pulau Buru, dll. Gw emang belum baca semua karya beliau - yang dianggap sebagai maestro sastra Indonesia - tapi ketika gw membaca wawancara itu kok lantas muncul di benak gw tentang pandangan-pandangan itu sebenarnya sangat mudah untuk "dipatahkan"?! Pram menyebutkan bahwa korupsi pada era Soekarno masih sangat kecil, tidak seperti Orde Baru yang korupsi milyaran rupiah. [gw pernah nyari bahan bacaan tentang korupsi di era Soekarno, dan perbandingannya dengan Soeharto, ternyata pada jaman Orde Lama tuh udah ada loh badan yang sekarang disebut dengan KPK, Tim Tastipikor, dll, salah satu pemimpinnya adalah Jenderal Ahmad Yani. Nah, ini kan sebuah bukti kuat bahwa pada saat itu korupsi sudah dipandang sebagai sebuah masalah besar ..... dan harus segera dicarikan jalan keluarnya ... ? Korupsi gak cuma 'punya' nya orang-2 Soeharto, Bung .... ]. Butir kedua adalah pernyataan Pram yang berkali-kali menyatakan anti-Jawanisme, salah satu aksi penolakan budaya Jawa itu ia gambarkan dengan tidak menggunakan bahasa Jawa - karena bahasa itu memiliki tingkatan, tergantung kapasitas serta penggunaannya. Ia mengaku sangat terkesan dengan Bahasa Jepang yang katanya berkarakter. Karakter di sini diindikasikan lewat banyak tidaknya adopsi bahasa luar yang digunakan dalam kosa kata. [wow.... ini pernyataan yang aneh, karena setahu gw bahasa Jepang itu juga punya tingkatan lh: hiragana, katakana, kanji. bahasa Jepang yang digunakan kaisar tentu tidak sama dengan apa yang diajarkan kepada orang-orang non-Jepang. Soal karakter, lah, bahasa jepang juga banyak mengadopsi kata-kata dalam bahasa Inggris - terutama lewat invasi budaya Amerika ke Jepang - sehingga saat ini lumayan banyak kosa kata jepang yang 'berbau' bahasa inggris.]
  2. Kemarin - abis liputan putusan DPRD Depok - gw beli kaset Maroon 5, udah basi banget gak sih? Gw belinya pas musim Maroon 5 udah lewat?! Hehehehe ...... gw sih ngeliatnya ini band "cowok banget", bikin bersemangat. Nah, tulisan yang pengen gw bahas sebenernya gak ada hubungan dengan sifat si band itu sendiri, tapi lebih ke masalah kualitas suara kaset. Yeap, gw rasa untuk kaset Maroon ini kok ada bagian yang nadanya tiba2 pelan .... terus si penjualnya kemarin emang sempet bilang bahwa produknya itu digaransi ampe jam 20.00WIB keesokan harinya. Jujur ini baru pertama kalinya bagi gw beli kaset terus si penjualnya menjanjikan garansi just incase barangnya rusak atau ada trouble. Wah, bener aja .... bermasalah! Ah, susah!
  3. Mati. Tentang mati, kematian, dan orang-orang yang gw sayang. Percaya gak? Beberapa hari belakangan ini gw merasa lho bahwa jam tidur gw terlalu banyak, ampe rada males tuh yang namanya ketemu bantal. Kantung mata gw makin jelas kalo kebanyakan tidur -kebalikannya orang lain kan - tapi kalo di bis gw selalu "sukses" tidur. Hahahaha ..... apa gw udah bentar lagi menemui ajal yah? Terus apakah mati akan sesakit itu? Kalo gw mati, banyak gak yah yang bakal dateng ke rumah gw and saying how sad they are ... berapa banyak yang akan membacakan doa, menyolatiku, mencium wajahku untuk terakhir kalinya, mengusap dan membisikkan kata-kata perpisahan yang indah di telinga ku? Pasti Mama sangat terpukul, menangis dalam, memeluk erat tubuh dingin ku, ah .... [saat gw ketik kalimat ini, mata gw kembali mengeluarkan air beningnya - tanda gw harus berhenti membahas topik ini]
  4. Tisu basah. Ada cerita unik tentang bis Mayasari P6 dan tisu basah. Pengen gw tulis sebagai contoh paling nyata tentang betapa sulitnya orang Indonesia bersyukur, berterimakasih, dan membalas niat baik orang lain. Penasaran? Rada lucu bisa bikin lu ngakak dech ^_^

0 Comments:

Post a Comment

<< Home