Wednesday, January 25

Memoirs of a Geisha ......


Ini film yang gw tonton ama Gege pas lagi program nomat (Rp12.500) perdana kami.
Dibela-belain tuh pulang cepet dari kntr karena mau nonton di Megaria 18.35WIB dan ternyata sampe sana, tiket sudah terjual semua [!] . Jalan kaki-lah kami ke TIM, supaya dpt tiket 19.50WIB ... dan alhamdulillah dapet!

Film besutan sutradara Amerika Rob Marshall ini bercerita tentang kisah kehidupan Geisha - perempuan Jepang yang menyenangkan laki-laki kaya demi uang (danna) - pada era sebelum dan setelah invasi AS ke Jepang.

Menurut gw, film berdurasi 142 menit ini cukup kuat dalam hal pencitraan, banyak gambar bagus dipamerkan di Geisha. Suasana Jepang kuno yang cantik dan kaya.

Tapi, gw punya beberapa kritik buat film ini:

  1. Tuan Ketua (Ken Watanabe) tampil sebagai pria yang tidak mengalami proses penuaan. Dari awal ampe kelar film, tampangnya tetep aja ganteng kayak umur 30-an padahal Sayuri (Zhang Ziyi) dari umur 9 tahun ampe dewasa udah berubah menjadi perempuan yang sangat cantik dan menawan. Gw gak terima aja .... kenapa si Tuan Ketua ini tidak mengikuti dentangan waktu? Gak menua, gak berubah, gak ngalamin keriput: aneh!
  2. Tokoh pria lain: Nobu ditampilkan sebagai laki-laki yang wajahnya separuh terkena luka permanen akibat ledakan bom ketika berperang. Awalnya luka berbentuk semacam keloid, daging menebal dibandingkan bagian wajah lain. Tapi setiap scene beda lagi, terakhir: cuma berupa carutan seperti perut perempuan yang pernah melahirkan, duh ... mengganggu banget neh perubahan luka Nobu :(
  3. Keanehan berikutnya adalah tokoh Mameha (Michelle Yeoh), yang digambarkan sebagai geisha terkenal pada masanya dan mengajarkan semua "ilmu" menjadi seorang geisha kepada Sayuri. Mameha emang cantik banget .... tapi satu aja yang paling gak nyambung apa ide "kecantikan geisha" - sensualitas geisha diukur dari bagian tengkuknya, itu sebab mengapa kimono mereka agak direndahkan ke bagian punggung supaya tengkuknya bisa keliatan ..... - Nah di sini Mameha terlihat sangat tidak cocok menjadi Geisha, karena tulang tengkuknya itu lho: udah kayak tulang dilapis kulit doang! Terlalu tipis dagingnya, alias dia terlalu kurus saat pengambilan gambar itu ..... Setau gw yang namanya aktris atau aktor terkenal itu rela berkorban motong rambut, numbuhin otot, bahkan mengguruskan badannya demi sebuah peran. Tapi Michelle dalam film ini terlihat tidak melakukan hal itu!
  4. Ide cerita tentang sebenernya si Tuan Ketua udah naksir ma Sayuri ketika pertama kali melihat gadis kecil itu di jembatan, sungguh sulit diterima akal.. karena kalo emang udah naksir and minta Mameha untuk menjaga Sayuri, lantas kenapa si Tuan Ketua memperkenalkan Sayuri ke si Nobu? Eh, ternyata Nobunya naksir .... jadi temen makan temen gitu ..........
  5. Nah ini lagi keanehannya: si Tuan Ketua ngasih Sayuri sapu tangan putih berinisial nama Tuan Ketua. Pas Sayuri berantem ama Hatsumomo, kan ada adegan di mana sapu tangan itu kena api sedikit, jadi sudah semestinya ada bagian dari sapu tangan itu yang sudah rusak - terbakar. Tapi lucunya, pas sapu tangan itu di lempar ke laut oleh Sayuri, benda berwarna putih itu tampak seperti sama sekali baru: tidak ada bagian yang terbakar .... Wah, aneh banget neh!
  6. Bu Maria menambahkan, keanehan berikutnya dalam film Geisha adalah soal penataan rumah2 Jepang. Menurut Bu Maria, rumah di jepang itu persis seperti apa yang ada di film doraemon: walau kecil tapi jalannya rapi dan rumah2nya mengikut jalan ..... bukan acak2an seperti yang digambarkan di film Rob Marshall! Berantakan banget dagh ......

Mungkin karena sutradaranya orang amrik kali yeh .... jadi kejanggalan2 besar ini bisa lolos, dan gampang "tercium" bahkan oleh orang yang bukan tergolong filmolog kayak gw ...... hahahahaha ..... btw, gw ada bakat jadi kritikus film gak neh?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home